Skip to content

IPB University Bersama Komenkomarves Menggelar Rapat Koordinasi Program Pilot WPP
Pusat Studi Sumber Daya Pesisir dan Kelautan (PKSPL)

  • by

IPB University bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menggelar rapat koordinasi membahas Kondisi dan Prioritas Program Pilot WPP di Royal Hotel, (30/9).

Pertemuan dibuka oleh Wakil Deputi Bidang Pengelolaan Perikanan Kemenko Marves. Rapat koordinasi Wilayah Pengelolaan Perikanan Percontohan (WPP) akan meningkatkan produktivitas (dalam bentuk transformasi infrastruktur) dan laju produksi, termasuk laju ekspor. Tak hanya itu, pertemuan tersebut membahas upaya perbaikan infrastruktur di Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

“Dalam hal pelaksanaan program pengelolaan WPP, akan ada tiga lokasi percontohan, yaitu WPP 711, WPP 715, dan WPP 718,” ujarnya.

Ketua PKSPL LPPM IPB University, Dr Yonvitner mengatakan, dalam kondisi dan prioritas Program Pilot WPP, semua pengolahan data yang berkelanjutan akan diawasi dari sistem penutupan. Oleh karena itu, dengan adanya instrumen, akan terjadi peningkatan kemauan secara bertahap.

Dosen IPB University ini menyatakan bahwa konsep presisi harus dikelola dan dikendalikan dengan melakukan evaluasi. Tidak hanya itu, sinergi pemikiran tentang kecermatan dan perjuangan untuk bangsa juga diperlukan.

“Program ini sangat cocok untuk mendukung kesejahteraan nelayan, dengan peningkatan yang signifikan dalam aspek seperti jumlah kapal. Juga baik sebagai panduan karena banyak kesalahpahaman dari panduan anggaran” kata Hendra Sugandhi, Sekretaris Jenderal Indonesia Asosiasi Tuna (ASTUIN).

Ia menyarankan untuk membuka forum diskusi kelompok kerja dengan pemerintah sehingga informasi akan diteruskan ke desa-desa.

Sementara itu, Prof Indra Jaya mengatakan, “Gerakan ekonomi perikanan seharusnya tidak berorientasi jangka panjang dan berorientasi pada peningkatan penerimaan negara bukan pajak (PNBP), tetapi gerakan ekonomi. Karena gerakan ekonomi yang berhasil akan berdampak pada pajak dan menaikkan PNBP,”

Lebih lanjut dosen dari IPB University ini menyatakan bahwa produktivitas yang tinggi hadir dengan keterkaitan yang jelas antara platform yang dibangun dengan kemajuan dan evaluasi dari waktu ke waktu. (*/RA) (IAAS/EAZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *