Skip to content

KEINDAHAN BAWAH LAUT PERAIRAN MANDEH

  • by

Pada tanggal 19 agustus 2022 kemarin Kementrian Kelautan dan Perikanan mengabadikan keindahan bawah laut perairan Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, melalui turnamen fotografi dan vidiografi bawah laut. Salah satu objek pengambilan gambar adalah Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) dari MV Beolongan Nederland yang tenggelam pada tahun 1942 saat perang dunia II.

Turnamen ini diikuti sebanyak 15 peserta yang dating dari berbagai daerah di Indonesia. Di hari pertama, mereka mulai menyelam di perairan Mandeh pada Rabu 17 Agustus usai melangsungkan upacara bendera di bawah air. Lokasi penyelaman pertama di sekitar pulau Cubadak yang terkenal dengan keanekaragaman hayatinya.

Lokasi penyelaman selanjutnya di esok hari, adalah BMKT MV Beolongan Nederland di kedalaman sampai kedalaman 30 meter dari permukaan laut. Kapal milik belanda yang dibuat dari  tahun 1915 tersebut tenggelam akibat serangan tentara jepang pada awal tahun 1942.

Bangkai kapal beolongan yang masih terlihat utuh itu, kini menjadi habitat terumbu karang, dan beragam biota laut seperti penyu dan gerombolan ikan. Penyelaman di area ini didampingi oleh safety diver untuk memastikan keselamatan para penyelam  sekaligus menjaga kelestarian kekayaan laut Mandeh.

Usai penyelaman di tiap lokasi, para peserta selanjutnya melakukan aksi mengambil sampah yang tampak di area penyelaman, sebagai bentuk komitmen bersama dalam menjaga kesehatan laut. Sampah plastik yang terkumpul terbilang sedikit menunjukkan masih alaminya kawasan ini.

Ditambahkannya, rangkaian turnamen fotografi dan videografi bawah air sebagai bagian dari acara besar bertajuk Exploring Mandeh Road To Bulan Cinta Laut yang berlangsung dari 17 – 21 Agustus di Kabupaten Pesisir Selatan dan Kota Padang untuk mempromosikan salah satu program ekonomi biru KKP yakni Bulan Cinta Laut. 

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar meyakini turnamen fotografi dan videografi bawah air yang digelar KKP dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Mandeh. Kawasan Mandeh merupakan objek wisata unggulan karena sajian yang dihadirkan sangat beragam, mulai dari panorama alam, kuliner, hingga keindahan bawah laut. Sebagai informasi, kategori yang diturnamenkan yakni foto macro dan wide angle, serta video kreatif berdurasi satu menit dengan hadiah utama Piala Bergilir Menteri Kelautan dan Perikanan, uang tunai, serta sejumlah piranti teknologi. Penjurian berlangsung 19 Agustus dilanjutkan dengan penguman para pemenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *