Skip to content

Mahasiswa ITK Berpartisipasi dalam Pemecahan Rekor MURI Pengibaran Bendera di Bawah Laut

  • by

Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77 jatuh pada Rabu, 17 Agustus 2022. Banyak cara untuk merayakannya, pada kali ini TNI AL menggelar upacara pengibaran bendera merah putih bawah laut di 77 titik berbeda, salah satunya di Pulau Payung, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Kegiatan ini menjadi sangat istimewa karena tercatat sebagai rekor MURI sebagai pemasangan bendera merah putih serentak di 77 titik berbeda di Indonesia dan terbanyak di dunia yang melibatkan 828 penyelam yang terdiri atas personel TNI Angkatan Laut, Polisi Republik Indonesia (POLRI), Pemerintah Daerah (Pemda), Mahasiswa, dan penyelam profesional dari berbagai instansi ikut serta dalam misi ini.

Pada Pulau Payung ini dilakukan pengibaran yang melibatkan Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut, Dinas Perhubungan, Dosen dan Mahasiswa Ilmu Teknologi Kelautan (ITK) IPB University (IPB) serta masyarakat sekitar. Pengibaran bendera merah putih bawah laut dilakukan di kedalaman 10-15 meter. Momen ini menjadi bukti komitmen TNI Angkatan Laut bersama seluruh jajaran turut menjaga kedaulatan dan keamanan di seluruh wilayah Indonesia serta membangkitkan kejayaan maritim.

Tak mudah dengan persiapan singkat selama empat hari, seluruh tim bekerjasama mempersiapkan diri dan perlengkapan pendukung yang bisa digunakan dari dasar laut. Kegiatan ini memiliki manfaat dan tujuan, hal ini disampaikan oleh LAKSMA TNI Dr. Suradi Agung selaku KADISPOTMARAL yang mengungkapkan “Tujuannya adalah membangkitkan atau merangsang generasi muda kedepan supaya lebih paham bahwa kita telah dianugerahi alam semesta oleh Tuhan Yang Maha Esa berupa negara atau wilayah yang dikelilingi oleh laut, kita bisa manfaatkan demi kejayaan bangsa kita kedepan”.

“saya sangat senang menjadi bagian pemecahan rekor ini, kami sangat berterima kasih kepada TNI AL yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa IPB untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, selanjutnya kami bersedia kolaborasi terus bersama TNI AL, khususnya dengan DISPOTMARAL TNI AL” ucap Dr. Beginer Subhan, S.Pi.,M.Si selaku Dosen Ilmu dan Teknologi Kelautan, IPB University.

Luasnya Laut Nusantara dengan berjuta kekayaan didalamnya harus tetap terjaga, sebagai bukti kejayaan perjuangan para pahlawan bangsa Indonesia. Sama halnya dengan ungkapan Salsabil Nisa Nurindra Putri selaku Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan menjelaskan bahwa “pengibaran bendera tidaklah hanya dilakukan di daratan saja, melainkan dapat dilakukan di bawah laut karna itupun masih bagian dari wilayah Nusantara, saya berterima kasih kepada DISPOTMARAL, DISHUB dan momen kali ini saya bersama Chansa, Rosita, Rais, Anszel, Lois, dan Pak Beginer sebagai Mahasiswa dan dosen ITK IPB turut andil dalam memeriahkan pengibaran bendera merah putih bawah laut yang luar biasa ini”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *